Manfaat Minyak Aprikot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Minyak Aprikot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan ~ Ada banyak bentuk minyak yang bermanfaat untuk tujuan kuliner dan terapi, namun minyak biji aprikot adalah salah satu yang banyak orang bahkan tidak mengetahuinya. Sebelum menambahkan minyak unik ini ke rejimen kesehatan Anda, bagaimanapun, penting bagi Anda untuk memahami dari mana asalnya dan potensi manfaat yang dimilikinya untuk kesehatan Anda, dan juga efek samping yang mungkin Anda alami.

Apa Itu Minyak Kernel Apricot?

Seperti namanya jelas, minyak biji aprikot berasal dari kernel (misalnya biji , pit) dari aprikot, buah pohon aprikot, yang secara ilmiah dikenal sebagai Prunus armeniaca . Meskipun ada sejumlah spesies yang berbeda yang disebut aprikot, mereka memiliki profil nutrisi yang sangat mirip, seperti juga minyak yang terkandung di dalam kernel mereka. Dengan menggunakan metode cold-pressing, minyak biji aprikot bisa dikeluarkan dari lubang keras di tengah buah.

Manfaat Minyak Aprikot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Minyak ini cukup ringan dan memiliki rasa aromatik yang harum, menjadikannya sebagai tambahan yang populer untuk banyak usaha kuliner di belahan dunia tertentu. Dalam beberapa kasus, orang mengganti minyak almond dengan minyak biji aprikot untuk keperluan memasak dan obat-obatan. Ada konsentrasi minyak yang tinggi di setiap kernel dan kemungkinan telah digunakan selama ribuan tahun, mengingat beberapa penerapannya dalam pengobatan tradisional Tiongkok.

Ada dua varietas berbeda dari minyak biji aprikot - yang digunakan untuk keperluan kosmetik dan konsumsi kuliner lainnya. Minyak ini memiliki kadar vitamin E , vitamin K , dan antioksidan kuat yang tinggi, seperti asam caffeic dan berbagai katekin, yang semuanya menyebabkan banyak manfaat kesehatan dari minyak ini.

Manfaat Minyak Aprikot Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ada beberapa manfaat penting minyak biji aprikot, termasuk kemampuannya untuk melembabkan kulit , melindungi rambut, mengurangi gejala jerawat, dan mencegah beberapa jenis kanker , antara lain.

Melembabkan Kulit
Bila dioleskan secara topikal, sifat emolien minyak biji aprikot dapat membantu mengelupaskan dan melembabkan kulit, membantu mempertahankan kelembaban, menghilangkan bercak kulit kering , dan mengurangi kondisi peradangan, seperti rosacea , psoriasis , dan eksim .

Meningkatkan Kesehatan Rambut
Banyak orang menggunakan minyak ini di rambut dan kulit kepala mereka, karena dapat membantu memperkuat helai rambut yang lemah dan meningkatkan kesehatan folikel rambut. Hal ini dapat mengurangi kadar bahan kimia tertentu yang menumpuk di kulit kepala sebagai respons terhadap testosteron, yang bisa memperlambat pertumbuhan rambut dan bahkan menyebabkan rambut rontok . Menggosok minyak ini ke kulit kepala juga akan mengurangi kondisi peradangan pada kulit kepala, seperti ketombe.

Mencegah Kanker
Dikemas dengan antioksidan, minyak biji aprikot mampu mengurangi stres oksidatif di kulit, yang merupakan kabar baik bagi orang-orang yang menderita penuaan dini atau memiliki keriput. Antioksidan ini dapat membantu mengencangkan dan memberi warna pada kulit, mengurangi munculnya bintik - bintik penuaan dan mencegah mutasi sel, yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Mengobati Jerawat
Bisa jadi sulit menghilangkan jerawat, tapi menekan gejala seringkali merupakan langkah awal. Menerapkan minyak biji aprikot ke tempat berjangkit jerawat bisa mengurangi peradangan dan mencegah penumpukan sebum di kelenjar, mengobati gejala dan masalah mendasarnya.

Meningkatkan Kesehatan Pernapasan
Dalam jumlah yang sangat kecil, beberapa penyembuh alami merekomendasikan penggunaan minyak biji aprikot untuk mengurangi tekanan pernapasan. Sejumlah kecil dapat dikonsumsi untuk merawat area tubuh ini, atau Anda dapat menambahkan beberapa minyak ini ke cairan diffusion untuk membantu meredakan peradangan di saluran pernafasan.

Mengurangi peradangan
Jika Anda menderita sakit kronis dan pembengkakan dari kondisi seperti artritis atau asam urat , atur minyak ini secara topikal ke area ketidaknyamanan dapat dengan cepat menenangkan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

Penggunaan Minyak Kernel Apricot
Minyak khusus ini telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dan telah mendapat banyak perhatian karena banyaknya aplikasi, termasuk penggunaan topikal, produk kosmetik, produksi biodiesel, dan sebagai topeng rambut.

Kosmetik
Anda akan sering menemukan minyak ini dicampur ke dalam kosmetik alami, termasuk pelembab, pengelupas kulit wajah dan masker wajah, karena ini secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit wajah Anda.

Masker rambut
Bila minyak ini dicampur dengan minyak pembawa lainnya, bisa dibuat menjadi masker rambut dan dioleskan langsung ke kulit kepala dan kunci Anda. Ini hanya diperbolehkan duduk di kulit kepala selama 15-20 menit sebelum mencuci dengan lembut dengan air hangat.

Penggunaan topikal
Ada banyak penggunaan topikal minyak biji aprikot, di pelipis untuk sakit kepala , persendian yang sakit dan otot untuk peradangan, dan perbaikan kondisi kulit pada berbagai bagian tubuh.

Biodiesel
Beberapa penelitian telah dilakukan mengenai potensi penggunaan minyak biji aprikot sebagai biodiesel, mengingat tingkat oksidasinya sangat rendah, dan segera dapat menjadi sumber bahan bakar berkelanjutan yang terspesialisasi.

Efek Samping
Ada beberapa efek samping yang perlu diwaspadai dengan minyak biji aprikot, karena kandungan amigdalin dalam minyak dari lubang ini. Untuk penggunaan topikal, minyak biji aprikot diketahui bermanfaat, namun bila dikonsumsi secara internal, amigdalin akan diubah menjadi sianida dalam tubuh, yang dapat beracun, dan bahkan berakibat fatal. Bila minyak biji aprikot digunakan dalam aplikasi kuliner, konsentrasinya jauh lebih kecil sehingga membuatnya aman dikonsumsi. Konsumsi berlebihan minyak biji aprikot, dan dengan demikian amigdalin, dapat menyebabkan kegagalan pernafasan.


Previous
Next Post »